Rabun Senja

Rabun senja atau disebut juga dengan rabun ayam yaitu tidak dapat melihat dengan baik pada waktu senja. Pada tahap selanjutnya penderita mengalami kekeringan mata (xerosis). Bagian putih mata akan menjadi suram dan mulai mengeriput. Jika penyakit ini semakin parah maka kornea akan menjadi rusak dan dapat menyebabkan kebutaan. Penyakit ini lebih sering terjadi pada anak-anak. Penyebab dari penyakit rabun senja adalah kekurangan makanan yang bergizi terutama yang mengandung vitamin A. Retinol pendting untuk elaborasi rodopsin (penglihatan remang-remang) oleh batang, reseptor sensori retina yang bertanggung jawab untuk penglihatan alam cahay tingkat rendah. Oleh karena itu defisiensi vitamin A dapat mengganggu produksi rodopsin, mengganggu fungsi batang dan menimbulkan buta senja atau rabun senja.

 Rabun Senja

Rabun Senja

Penyakit Rabun Senja

Rabun senja atau buta senja pada umumnya adalah manifestasi defisiensi vitamin A yang paling awal. Bila ringan, rabun senja atau buta senja dapat timbul hanya setelah stress cahaya karena berada dalam cahaya terang, seperti main laying-lauang pada hari cerah. Anak-anak mengalami rabun senja tidak akan berjalan-jalan dalam rumah atau disekitar rumah setelah senja, tetapi lebih suka duduk dipojok yang aman, sering tidak mampu untuk mencari makanan atau mainannya. Rabun senja yang diderita oleh anak-anak pra sekolah saat ini adalah khas defisiensi vitamin A. Penyebab lain dari keadaan ini relative jarang dan hampir tidak pernah ada pada kelompok usia ini. Beberapa kelompok masyarakat atau budaya, terutama yang endemic defisiensi vitamin A, menggunakan istilah khusus untuk menggambarkan keadaan ini seperti rabun ayam )atam kurang mempunyai sel batang, karena itu rabun di waktu senja).

Penyebab dari terjadinya penyakit mata rabun senja adalah :

  1. Defisiensi dari retinol atau vitamin A yang merupakan salah satu hal penyebab paling utama dari terjadinya gangguan pada retina. Vitamin A memberikan asupan pigmen yang diperlukan oleh sel-sel batang. Dan kelangkaan dari vitamin A akan membuat mata mengalami kekeringan dan pada akhirnya menyebabkan terjadinya rabun senja. Dan disamping itu juga kandungan dari zat besi yang ada di dalam vitamin A sangat berguna dalam membantu mengatasi masalah penglihatan.
  2. Seseorang kemungkinan mengalami kekurangan asupan vitamin A jika tubuh tidak bisa menyerap vitamin A dari makanan. Dan kondisi seperti ini biasanya terjadi setelah melakukan operasi pada gangguan pankreas, gangguan hati dan juga pada gangguan usus.
  3. Akibat penyakit kronis jenis penyakit diabetes yang akan sangat mempengaruhi penglihatan mata kita. Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang bisa menimbulkan terjadinya kebutaan dan juga kebutaan secara total
  4. Penyakit mata rabun senja akibat penyakit katarak yang bisa dilihat seperti berawan yang terjadi pada lensa mata yang mengakibatkan terjadinya mata rabun senja. Biasanya orang yang berusia lanjut lebih beresiko mengalami hal ini.
  5. Disfungsi yang terjadi pada sel batang retina yang bisa mengakibatkan terjadinya penglihatan yang hilang dan menyebabkan terjadinya mata rabun senja.
  6. Stress yang terjadi dengan berlebihan, kecemasan, dan juga masalah takut akan kegelapan yang bisa mengakibatkan terjadinya masalah mata rabun sneja.
  7. Miopi atau mata rabun jauh akan menyebabkan terjadinya mata rabun senja.
  8. Obat glukoma yang bisa menyebabkan terjadinya penyempitan pada pupil yang akhirnya akan mengakibatkan terjadinya keratomalacia
  9. Paparan sinar matahari yang terjadi dengan berlebihan yang bisa membuat penglihatan di malam hari mengalami gangguan.

Pengobatan Rabun Senja

Pengobatan yang dilakukan pada mata rabun senja adalah tergantung dari penyebab dan juga tergantuung dari tingkat keparahan gejala mata rabun senja yang terjadi. Dan kemudian setelah penyebabnya bisa terdeteksi dengan baik, dokter akan bisa menentukan modus atau juga pengobatan yang biasanya dilakukan dengan cara :

  1. Operasi katarak mata
  2. Menghentikan asupan obat glukoma dan menggantinya dengan menggunakan obat yang lain
  3. Untuk masalah rabun jauh maka bisa dilakukan dengan menghubungi dokter mata.
  4. Mengonsumsi jenis makanan yang mengandung vitamin A

Biasanya dokter mata yang melakukan pemeriksaan mata dengan menyeluruh dan juga mengambil langkah yang memang dianggap perlu dalam mengatasi masalah penglihatan. Dalam kasus yang paling parah adalah penyakit katarak yang membutuhkan tindakan operasi.

Terapi penyembuhan rabun senja adalah :

Resep 1
bahan : wortel secukupnya di jus hingga tertampung 250 cc, lalu diminum setiap pagi sebelum sarapan.

Resep 2 :
Bahan : 30 gram bunga sedap malam kering (kim cim) + 15 gram kie cie, rebus dengan 300 cc air gingga tersisa 150 cc, airnya digunakan untuk memblender 300 gram wortel dan kie cie yang telah direbus, lalu diminum

Resep 3:
Bahan : 100 cc jus wortel + 100 cc jus buah kesemek + 100 cc jus jeruk manis, dicampur lalu di minum

Resep 4 :
Bahan : 300 gram wortel + 200 gram daging buah mangga + 100 gram anggur (beserta bijinya) diblender dengan menambahkan air secukupnyal, lalu diminum.

Resep 5 :
Bahan : 400 gram wortel + 10 gram daun kelor + 100 gram buah leunca, diblender dengan menambahkan 150 cc air,disaring, airnya dipanaskan hingga mendidih, lalu hangat-hangat diminum. Lakukan secara teratur.

 Rabun Senja

CARA PEMESANAN BILBERRY EYEBRIGHT PLUS

Kapsul Bilberry Eyebright Plus
Menjaga Mata Agar Tidak Mengalami Mata Rabun Jauh dan Mata Rabun Dekat

Harga 1 Botol Bilberry Eyebright Plus Dengan Isi 30 Kapsul Rp.195.000,-

Cara Pemesanan : SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Obat Mata Rabun, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)


=====================================

>>> Kapsul Billberry Eyebright Plus Tips Menjaga Mata Agar Tidak Mengalami Mata Rabun Jauh dan Mata Rabun Dekat, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Mata Rabun and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>