Rabun Dekat ( Presbyopia )

Gangguan mata lainnya adalah mata rabun dekat ( Presbyopia ) yang berasal dari bahasa Yunani “Presbys” yang artinya orang tua dan “Opia” berarti mata. Rabun mata dekat adalah gangguan mata atau sejenis penyakit mata yang diakibatkan karena menurunnya kemampuan mata untuk tetap fokus menangkap dan membiaskan objek atau cahaya dalam jarak cukup dekat, seperti membaca suatu objek dalam jarak dekat akan membuat objek atau pandangan objek terlihat samar dan terlalu besar. Rabun dekat hanya dialami ketika seseorang berusia lanjut.

Kekuatan fisik baik dalam maupun luar akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Khususnya pada mata penderita presbyopia akan mengalaminya ketika memasuki usia 40-50 tahun ketas. Contoh kecil penderita rabun dekat adalah tidak bisa memasukkan benang ke dalam lubang jarum. Pada usia anak-anak atau belia, mata masih mampu dan fokus menangkap objek atau benda dengan jarak pandang objek 10 cm (10 dioptre), ketika memasuki usia 60 tahun kemampuan mata akan semakin berkurang dan menurun dan mata hanya mampu menangkap dan membiaskan objek atau cahaya dalam jarak pandang 1-2 m saja (0.5 atau 1 dioptre).

 

 

 

 

 

 

Pada tahun 2005 diperkirakan ada 1 milyar orang yang menderita presbyopia atau rabun dekat. Untuk mengatasi presbyopia ini anda dapat melakukan operasi LASIK ( Laser-Assisted In Situ Keratomileusis) atau dengan menggunakan kacamata dengan lensa cembung (datar/positif). Akibat yang mungkin muncul adalah terjadinya komplikasi yang sering terjadi setelah operasi “Mata kering” yang menurut studi Journal of Ophthalmology pada bulan Maret 2006 jumlah insidennya mencapai 36,36%. Web site FDA (Food and Drugs Administration) menyatakan bahwa “Mata Kering” bisa permanen.

Untuk membantu mengatasi rabun dekat (presbyopia) anda bisa mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna ditambah dengan vitamin A yang banyak terkandung dalam wortel, tomat, pepaya, bila perlu ditambah dengan mengkonsumsi suplemen herbal alami untuk menjaga kesehatan mata anda. Selain itu anda juga dapat menggunakan lensa bifokal dengan 2 titik fokus atau lensa progresif yang dapat merubah titik fokus secara bertahap.


=====================================

>>> Kapsul Billberry Eyebright Plus Tips Menjaga Mata Agar Tidak Mengalami Mata Rabun Jauh dan Mata Rabun Dekat, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Mata Rabun and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>